SMK NUSAPUTERA 2

SMK NUSAPUTERA 2
[] SELAMAT DATANG SISWA BARU SMK NUSAPUTERA 2 [] TERUS PUPUK SEMANGAT BELAJAR [] CITA-CITA KALIAN SUDAH SEMAKIN DEKAT, NEGERI INI MEMBUTUHKAN SUMBANGSIH KALIAN [] QUALITY IN ME []

TIPS PAS

 ALUMNI  ARTIKEL  GALERI   PPD   SEKOLAH
PERSIAPAN MENGHADAPI PENILAIAN AKHIR SEMESTER

Tahun Pelajaran 2021-2022 telah hampir separo jalan, akhir November atau awal Desember sekolah biasanya mengadakan kegiatan penilaian akhir semester gasal bagi siswa-siswinya. Tujuannya untuk mengetahui sedalam apa pengetahuan yang sudah dikuasai oleh siswa selama satu semester. Sebenarnya kegiatan ini merupakan hal biasa dan rutin dilakukan namun selalu saja sebagian siswa yang cemas menghadapinya. Biasanya mereka cemas karena takut akan hasil yang tidak memuaskan.

Kecemasan-kecemasan yang terjadi kalau tidak boleh dikatakan sebagai stress disebabkan karena mereka tidak mempersiapkan diri jauh-jauh hari, baik kelengkapan materi maupun memulai mempelajarinya. Kecemasan yang sebetulnya mempunyai efek positif, yaitu dapat memacu mereka untuk belajar lebih giat. Namun hal ini hanya dapat dilakukan oleh siswa-siswi yang sudah mampu bersikap dewasa.

Ada beberapa tips, yang dapat kalian jalankan ketika kalian akan menghadapi penilaian akhir semester maupun suatu ujian.

TIPS MENGHADAPI PENILAIAN AKHIR SEMESTER/AKHIR TAHUN/UJIAN

1. LENGKAPI MATERI SESUAI KISI-KISI 

Biasanya guru akan memberitahu kisi-kisi soal yang akan diujikan. Soal-soal yang muncul tentu tidak jauh-jauh dari kisi-kisi tersebut. Oleh karena itu, kalian harus mempelajarinya dengan baik. Kalian juga harus tahu bahwa kisi-kisi ini akan memudahkan kamu belajar dikarenakan materi pelajaran yang perlu dipelajari sudah tercantum dalam kisi-kisi tersebut. Nah tugas berikutnya setelah kalian memahami kisi-kisi adalah melengkapi materi. Jika kalian termasuk siswa yang rajin, tentu tidak sulit melengkapinya, bahkan mungkin banyak diminta oleh teman-teman yang kesulitan mencari materi.

2. PASANG JADWAL DITEMPAT YANG MUDAH DIAKSES

Jangan sepelekan jadwal ujian, pasang ditempat yang mudah dilihat. Ini akan membuat kalian seperti diingatkan terus tentang PAS. Harapannya ini bisa memacu untuk selalu mempersiapkan diri dengan baik.

3. ATUR WAKTU BELAJAR DAN BUATLAH INI NYAMAN

Jika seorang petani tugasnya bertani, maka seorang pelajar tentu tugasnya belajar. Sehingga tanpa diaturpun sebetulnya kalian harus lebih banyak belajar daripada melakukan hal-hal yang lain. Nah jika ini belum terjadi maka kalian harus dapat mengaturnya dengan baik. Ada baiknya kalian mengatur ulang tempat belajar atau mungkin cukup merapikan saja, yang penting bisa membuat nyaman ketika belajar.

4. JAGA KESEHATAN DAN PATUHI PROKES

Kesehatan merupakan modal dasar untuk melakukan segalanya, maka wajib bagi kalian untuk selalu menjaganya. Tertimpa sakit dapat mengacaukan semua persiapan yang sudah dan sedang kamu kerjakan. Hindari hal-hal yang dapat membuat sakit seperti, tidur terlalu malam, terlambat makan. Jangan lupa karena kondisi pandemi 19 masih ada kalian tetap harus mematuhi protokol kesehatan dimanapun kalian berada. 

5. FOKUS DAN BERDOA UNTUK SELALU SUKSES

PAS/PAT/Ujian adalah even yang harus diikuti dan buatlah ini sebagai sebuah tantangan untuk menaklukannya dalam arti kemenangan adalah jika kalian mendapat hasil maksimal. Jika ini yang terjadi maka kalian harus fokus, hal-hal yang tidak terkait dengan even itu diusahakan untuk dikurangi. Terakhir selalu berdoa untuk kesuksesan kalian.

Demikian, sekedar tips yang mungkin cocok untuk diterapkan. Jika kalian pernah sukses dan ternyata punya cara yang lain silahkan bagi kepada teman-teman. Siapa tahu itu jalan sukses bagi temanmu. 

penulis : Herno Agus P

Baca juga :

APA ITU IVERMECTIN

JANGAN LENGAH, VIRUS INI MASIH MENGANCAM KITA

Best Practice; Apresiasi bagi guru dan siswa

KEISTIMEWAAN BELAJAR MATEMATIKA


kembali ke HOME

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link yang penting diketahui