[] SMK NUSAPUTERA 2 MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS SEKOLAH, SEHINGGA KUOTA SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2018-2019 TERPENUHI [] QUALITY IN ME []

History

CATATAN PERJALANAN SMK NUSAPUTERA 2

Secara resmi berdiri pada tanggal 20 April 1981, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI, dengan nama SEKOLAH MENENGAH FARMASI NUSAPUTERA. Nama NUSAPUTERA diambil dari nama yayasan yang menaungi sekolah ini, yaitu : YAYASAN  PERGURUAN NASIONAL NUSAPUTERA

SMF NUSAPUTERA
SMF NUSAPUTERA 
Pada awal berdirinya SMF NUSAPUTERA berlokasi di Jalan Ki Mangunsarkoro 59 Semarang, menjadi satu dengan sekolah-sekolah lain yang dikelola oleh yayasan yang sama, yaitu : PGTK, SD, SMP, SMA NUSAPUTERA

Pada saat itu, di Propinsi Jawa Tengah, Indonesia, telah berdiri sebelumnya 3 sekolah yang sejenis, yaitu di Semarang 2 dan di Solo 1. Departemen Kesehatan sebagai pembina sekolah-sekolah kesehatan, pada saat itu, secara ketat membatasi jumlah siswa yang dapat diterima, sehingga jumlah lulusan/asisten apoteker setiap tahunnya cenderung tetap. Sementara di masyarakat terjadi perubahan-perubahan disemua bidang termasuk bidang kesehatan. Upaya-upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan terus dilakukan. Hal ini juga didukung oleh regulasi dari pemerintah  yang memberi kemudahan kepada masyarakat untuk ikut serta melakukan upaya kesehatan. Tidak terkecuali dibidang farmasi.

SMF NUSAPUTERA
Bidang produksi dan distribusi sediaan farmasi tumbuh secara signifikan. Volume produksi yang meningkat membutuhkan sarana distribusi yang memadai.  Jumlah apotik dan rumah sakit meningkat, otomatis kebutuhan sumber daya kesehatan meningkat, termasuk tenaga asisten apoteker. Keadaan ini tentu akan terus bertambah  dimasa yang akan datang. 

Dengan dasar itu, Yayasan Perguruan Nasional Nusaputera dengan niat baik untuk ikut andil dalam memberikan sumbangan kepada bangsa dan negara, berupa tenaga asisten apoteker yang berkualitas, mendirikan SEKOLAH MENENGAH FARMASI NUSAPUTERA.

SMF NUSAPUTERA
Pada awal berdirinya, SMF NUSAPUTERA mendapat kesempatan menerima  siswa sebanyak 1 kelas setiap tahunnya, baru pada tahun ajaran 1996-1997 diperbolehkan  menambah menjadi 2 kelas.  Konsekuensi dari keadaan ini sekolah harus menambah sarana dan prasarana, maka dengan pertimbangan yang matang, pada tahun 2001 kantor dan ruang kelas dipindahkan ke gedung lain di Jalan Karanganyar No. 30 Semarang tidak jauh dari tempat semula. Sementara Laboratorium baik Resep, Kimia dan Komputer masih di gedung lama.

Mulai tahun ajaran 2003-2004 SMF NUSAPUTERA diberi kesempatan menerima 3 kelas atau setara dengan 120 siswa, hal ini menyebabkan sarana dan prasarana menjadi tidak memadai lagi. Pada tahun 2005, Yayasan Perguruan Nasional Nusaputera membangun gedung baru di atas lahan kurang lebih 7600 m2, di Jalan Medoho III No. 2 Semarang. Gedung berlantai 2 dilengkapi dengan asrama putri selesai pembangunannya pada akhir tahun 2005.  Pada Januari 2006 SMF NUSAPUTERA pindah total ke gedung baru.

Keputusan pemerintah terhadap semua institusi pendidikan menengah yang selama ini diluar departemen pendidikan nasional untuk masuk ke dalam satu pembinaan, menyebabkan departemen kesehatan tidak menyelenggarakan ujian nasional untuk institusi kesehatan meskipun untuk ujian kompetensi keahlian masih dikoordinasikan oleh dinas kesehatan propinsi. Demikian juga untuk penerimaan siswa baru. Oleh  karena itu di tahun 2005, terjadi perubahan pada ujian nasional di SMF yaitu dengan ikut sertanya bersama departemen pendidikan nasional sampai sekarang.

SMK FARMASI ADALAH SMK NUSAPUTERA 2
Kampus baru SMK Nusaputera 2
Semenjak menempati gedung baru, jumlah peminat yang ingin mengenyam pendidikan di SMK NUSAPUTERA 2 terus bertambah. Pada tahun ajaran 2007-2008 SMK NUSAPUTERA 2 menerima siswa barus sebanyak 4 kelas. Pada tahun 2009 secara resmi SMF Nusaputera  ada dibawah binaan departemen pendidikan nasional dengan keluarnya  perubahan nomenklatur perubahan SMF menjadi SMK Nusaputera 2 Semarang, dan pada saat yang sama SMK Nusaputera membuka satu kompetensi keahlian baru yaitu FARMASI INDUSTRI, yaitu kompetensi keahlian yang mendidik lulusan SMP/Madrasah/sederajat  menjadi tenaga menengah bidang farmasi industri.

Pada tahun yang sama pula, Yayasan Perguruan Nasional Nusaputera mendirikan D-3 FARMASI NUSAPUTERA pada lokasi yang sama. Hingga sekarang SMK NUSAPUTERA 2 dan D-3 FARMASI NUSAPUTERA terus berbenah untuk mencapai kualitas pendidikan yang tertinggi.

ALUMNI

Sejak meluluskan untuk pertama kalinya hingga sekarang jumlah alumni telah mencapai kurang lebih 2250 orang dan tersebar hampir di seluruh penjuru Nusantara untuk ikut memberikan sumbangsihnya kepada negara dibidang distribusi maupun produksi sediaan farmasi, ada sebagian dari mereka melanjutkan ke perguruan tinggi.

1. Melani Wardani, alumnus 1989, Manager PT. Guardian Pharmatama
2. Nunung Nurjanah, alumnus, 1993, PNS Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah
3. Agus Yudi Meliyawan, alumnus 1998, Regional Sales Manager di PT. Kalbe Farma