SMK NUSAPUTERA 2

SMK NUSAPUTERA 2
[] SELAMAT DATANG SISWA BARU SMK NUSAPUTERA 2 [] TERUS PUPUK SEMANGAT BELAJAR [] CITA-CITA KALIAN SUDAH SEMAKIN DEKAT, NEGERI INI MEMBUTUHKAN SUMBANGSIH KALIAN [] QUALITY IN ME []

KARAKTER

ALUMNI  ARTIKEL  GALERI   PPD   SEKOLAH


PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Penulis : Ibu Novi Istiani, S.Pd.
Guru PPKn SMK Nusaputera 2 Semarang

Pendidikan karakter kini menjadi suatu hal yang penting dalam kebijakan nasional di bidang pendidikan. Seluruh kegiatan belajar mengajar yang ada di Negara Indonesia harus mengacu pada pelaksanaan pendidikan karakter. Di dalam dunia pendidikan, karakter adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh kita semua. Karakter adalah salah satu modal pembentuk pribadi yang baik, bijaksana, bertanggung jawab, jujur, dan dapat menghargai satu dengan yang lainnya.  Pendidikan karakter menekankan pada suatu nilai moral yang universal yang bisa diterima baik oleh berbagai kalangan di seluruh kelompok sosial. Pendidikan karakter berfokus bukan lagi pada sesuatu yang salah dan benar saja tetapi sudah pada tingkat baik dan buruk hal yang diajarkan. Tujuan dari pendidikan karakter ini ialah mencetak Individu yang berkarakter. Individu baru bisa dikatakan berkarakter apabila dirinya sudah mampu melaksanakan segala keputusan yang diambilnya dengan pertimbangan moral.

Pendidikan karakter dapat dilakukan dari hal-hal yang terkecil seperti mengucapkan salam ketika masuk dan keluar ruangan, menghormati orang yang lebih tua, membiasakan saling membantu satu sama lain ketika kesusahan dan hal-hal yang kecil lainnya yang dapat menumbuhkan karakter anak. SMK Nusaputera 2 Semarang telah menerapkan 5S dan Tomat yaitu salam, sapa, senyum, sopan santun dan tolong, maaf serta terima kasih kepada semua peserta didik. Setiap pagi anak – anak ketika masuk sekolah akan disambut oleh guru yang piket di depan gerbang untuk salam pagi dan selalu membiasakan agar anak – anak mengucapkan salam, menyapa, senyum, sopan dan santun.  Pada awal tahun ajaran baru 2022/2023 SMK Nusaputera 2 mengundang koramil 04 Gayamsari untuk memberikan penguatan pendidikan karakter terhadap siswa kelas X dalam hal kedisplinan dan tanggung jawab. Karakter kedisplinan dan tanggung jawab sangat penting diterapkan salah satunya siswa displin dalam hal datang ke sekolah tepat waktu, menggunakan seragam sesuai dengan aturan sekolah, displin dalam mengerjakan tugas dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, keluarga dan sekolah.

Penguatan pendidikan karakter (PPK) mengharuskan masyarakat untuk memperdalam nilai-nilai utama yakni, nasionalis, mandiri, religius, integritas, dan saling membantu atau gotong royong. Nilai-nilai yang dibawa tersebut diharapkan dapat diterapkan pada sistem pendidikan kita sekarang ini. Penguatan pendidikan karakter ini digalakkan karena perkembangan zaman serta teknologi yang semakin cepat sehingga perlu penguatan dari dalam diri individu agar dapat terus berkembang tanpa adanya penyimpangan terhadap kebudayaan asli Indonesia. Pendidikan karakter juga menjaga agar pribadi bangsa tetap dalam karakter bangsa Indonesia.

Penguatan merupakan kunci dari suksesnya pendidikan karakter. Penguatan yang diberikan dalam pendidikan karakter bangsa kita bukan sekedar berbentuk pemberian  reward dan punishment  bagi peserta didik. Proses penguatan dalam pendidikan ini juga harus mampu memberikan kesadaran makna akan pentingnya pendidikan bagi manusia yang berkarakter serta pemberian nilai yang diperkuat harus menekankan pada peran ahklak dalam pembentukan karakter bangsa. 

___________

Kembali ke HOME 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link yang penting diketahui