SMK NUSAPUTERA 2

SMK NUSAPUTERA 2
[] SELAMAT DATANG SISWA BARU SMK NUSAPUTERA 2 [] TERUS PUPUK SEMANGAT BELAJAR [] CITA-CITA KALIAN SUDAH SEMAKIN DEKAT, NEGERI INI MEMBUTUHKAN SUMBANGSIH KALIAN [] QUALITY IN ME []

OUTING CLASS

 ALUMNI  ARTIKEL  GALERI   PPD   SEKOLAH


OUTING CLASS
MENCIPTAKAN PETUALANGAN BARU DALAM BELAJAR SMK NUSAPUTERA 2 SEMARANG

Penulis : Selvanika Fergi Purba Mardista S.Pd,Kons

Guru Bimbingan dan Konseling SMK Nusaputera 2

Belajar dianggap sesuatu yang membosankan bagi sebagian besar peserta didik. Belajar di kelas, dengan aktifitas yang selalu sama, monoton dari jam ke jam, dari hari ke hari menjadikan belajar tidak menarik lagi bagi siswa. Antusiasme dalam mengikuti pembelajaran juga berkurang, siswa cenderung pasif , dan tidak ada kreatifitas maupun inovasi inovasi yang muncul dari peserta didik. Berbagai metode pembelajaran bermunculan untuk meningkatkan minat dan antusiasme siswa dalam belajar. Guru dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dinilai dapat meningkatkan semangat dan antusiasme peserta didik adalah melalui outing class. belajar di luar kelas siswa akan merasakan sensasi baru dalam kegiatan belajarnya. Mengajak siswa keluar dari rutinitas yang biasa dilakukan di kelas tentunya akan menggugah rasa ingin tahu siswa tentang apa yang akan dipelajarinya.

Outing class memberikan pengalaman siswa untuk belajar dengan alam, belajar dengan object secara langsung, belajar dengan ahlinya, bukan lagi sajian materi-materi pelajaran yang bersumber dari teks book. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study), outing class adalah mengajar di luar kelas bisa dipahami sebagai suatu kegiatan menyampaikan pelajaran diluar kelas. Sehingga kegiatan atau aktivitas belajar mengajar berlangsung di luar kelas atau di alam bebas. Penerapan metode outing class dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan mengajak siswa belajar ke tempat tertentu dan memberi tugas pada siswa untuk mengamati dan memahami materi yang ada di tempat yang dikunjungi. Mengajak siswa outbond, belajar dengan alam atau mengajak siswa belajar dari ahlinya secara langsung yaitu mengunjungi seseorang yang memiliki keahlian tertentu.

Dengan pembelajaran outing class ini siswa akan belajar dengan menyenangkan, sehingga akan termotivasi dan bersemangat untuk melakukan segala kegiatan.Hal ini akan menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dan memotivasi siswa untuk terus menggali semua potensi yang dimiliki. Menyelesaikan tantangan belajar dalam rangkaian kegiatan pembelajaran outing class.

SMK Nusaputera 2 Semarang mengunjungi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada 7 September 2022, merupakan Kebun Koleksi Tanaman Obat sejak awal kemerdekaan untuk menggambarkan semangat anak bangsa yang mencintai budaya pengobatan yang diwariskan oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Sekolah memprogramkan outing class untuk beberapa mata pelajaran kejuruan. Salah satunya adalah Farmasi dan Farmasi Industri. dengan bekal materi yang sudah di sampaikan oleh guru disekolah diharapkan siswa paham dan mengerti tentang berbagai tanaman obat.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk menambah wawasan mengenai Tanaman obat yang dikembangkan oleh  Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional ( B2P2TOOT ) Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan bahan alami untuk pembuatan obat herbal dibidang kefarmasian. Harapan untuk kedepannya semoga kunjungan ini bisa terus dilaksanakan seiring dengan kebutuhan obat herbal yang terus meningkat, sehingga anak-anak mengenal obat - obatan herbal.

___________

Kembali ke HOME 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link yang penting diketahui