SMK NUSAPUTERA 2

SMK NUSAPUTERA 2
[] SELAMAT DATANG SISWA BARU SMK NUSAPUTERA 2 [] TERUS PUPUK SEMANGAT BELAJAR [] CITA-CITA KALIAN SUDAH SEMAKIN DEKAT, NEGERI INI MEMBUTUHKAN SUMBANGSIH KALIAN [] QUALITY IN ME []

EKSTRA JURNALISTIK

  ALUMNI  ARTIKEL  GALERI   PPD   SEKOLAH

MELIHAT DUNIA DENGAN DENGAN EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK SMK NUSAPUTERA 2 SEMARANG

Penulis : M. Syafiq Naim, S.Pd.
Guru Bhs Indonesia SMK Nusaputera 2 

Pendidikan sebagai investasi jangka panjang memerlukan pengelolaan secara baik dan cermat. Sektor terkecil pendidikan adalah sekolah dan melalui sekolah inilah awal mula pendidikan dapat ditingkatkan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nusaputera 2 Semarang  merupakan salah satu sekolah yang berusaha meningkatkan mutu peserta didiknya. Sekolah ini berusaha mewadahi kebutuhan peserta didiknya untuk mengasah kemampuan dan mengeksplorasi diri. Sekolah ini memberikan dukungan penuh kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi diri yang dimiliki. Wujud nyata SMK Nusaputera 2  Semarang sebagai wadah untuk mengembangkan potensi peserta didiknya dengan meningkatkan mutu dari segi akademik dan non-akademik. Segi akademiknya, sekolah berusaha melengkapi sarana prasarana, meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat, meningkatkan kualitas pendidik, dan meningkatkan proses pembelajaran. Sedangkan dari segi non-akademiknya adalah meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler adalah suatu kegiatan yang dilakukan di luar jam sekolah untuk mengembangkan potensi diri peserta didik. Ektrakulikuler adalah suatu kegiatan non akademik yang dimiliki sekolah, bertujuan untuk mewadahi hobi dan meningkatkan skill siswa, serta melatih jiwa berorganisasi. Dalam berorganisasi, selain belajar bekerjasama, juga menempa jiwa kepemimpinan.  Maka tak jarang kita temui, siswa yang kemampuan akademiknya biasa saja di kelas, namun memiliki kemampuan lebih di ekstrakurikuler. Misalnya yang berkaitan dengan menulis. Artinya, ekstrakurikuler memiliki peran yang tak kalah penting jika dibanding kegiatan belajar mengajar di kelas.

Jurnalistik merupakan salah satu ekstrakurikuler di SMK Nusaputera 2 Semarang. Jurnalistik adalah proses penulisan dan penyebaran informasi berupa berita, feature, dan opini melalui media massa (sekolah). Media sekolah yang dapat dimanfaatkan dalam hal ini adalah mading, website, blog, facebook, instagram serta majalah. Untuk itu, segala aktivitas jurnalis akan dipusatkan pada media-media tersebut. Ekstrakurikuler ini dibentuk untuk mengasah kreativitas siswa khususnya di bidang penulisan dan fotografi. Seperti yang kita ketahui, di masa remaja ini, para siswa membutuhkan sarana yang bisa menunjang atau mendukung kreativitas mereka. Untuk itu, jurnalistik adalah salah satu ekstrakurikuler yang dapat menjadi “wadah” yang cocok untuk menampung hal tersebut. Selain menjadi “wadah” kreativitas, kami harap jurnalistik dapat menjadi sarana pendidikan siswa khususnya di bidang karya tulis ilmiah, khususnya bidang kebahasaan kesastraan dan bidang fotografi. Karena di dalam jurnalistik, terdapat hal-hal tersebut yang terkandung di dalam kurikulum sekolah. Di ekstrakurikuler jurnalistik, banyak hal yang dapat dipelajari, seperti menyusun reportase, menulis berita, menulis feature, menulis artikel, fotografi, dll. Untuk itu, ekstrakurikuler ini dapat menjadi sarana pendidikan sehingga dapat meringankan beban guru yang mengajar di kelas. Selain yang disebutkan di atas, latar belakang dibentuknya ekstrakurikuler jurnalistik adalah sebagai wujud menumbuh kembangkan warga sekolah yang ilmiah, kreatif, dan inovatif. Selain hal tersebut jurnalistik juga sebagai media penyampaian pesan yang tentunya dikemas secara menyenangkan dalam produksi tulisan yang secara khusus difokuskan pada hal pendidikan. Selain itu, jurnalistik juga bisa menjadi salah satu kompetensi dengan karier yang cukup menjanjikan jika didasarkan pada perkembangan media saat ini. Berdasarkan hal-hal di atas, maka dibentuklah ekstrakurikuler jurnalistik di SMK Nusaputera 2 Semarang.

Pengorganisasian ekstrakurikuler jurnalistik diawali dengan pemilihan struktur organisasi. Kemudian, pembagian tugas, wewenang, dan tanggungjawab masing-masing. Terlaksananya program kerja dan tercapainya tujuan merupakan bentuk kerjasama antara pembina, anggota, sekolah, dan pihak terkait. Pengorganisasian ekstrakurikuler jurnalistik termasuk baik karena setiap anggota dan pembina malaksanakan pekerjaan sesuai dengan yang tertera pada struktur organisasi. Pelaksanaan ekstrakurikuler jurnalistik SMK  Nusaputera 2 Semarang merupakan bentuk implementasi dari program kerja yang telah disusun. Program kerja dikaji lebih lanjut disesuaikan dengan situasi dan kondisi ekstrakurikuler maupun sekolah. Hasil karya anggota ekstrakurikuler jurnalistik berupa mading dan majalah. Prestasi yang didapatkanpun cukup banyak baik tingkat kota maupun nasional contohnya seperti pada bulan Juni 2022 mengikuti lomba artikel tingkat provinsi dan meraih juara harapan 2 tingkat Provinsi. Evaluasi ekstrakurikuler jurnalistik dilakukan oleh sekolah dan ekstrakurikuler itu sendiri. Evaluasi oleh sekolah dilihat dari jurnal kegiatan, presensi, dan laporan pertanggungjawaban sedangkan evaluasi oleh ekstrakurikuler dilihat dari kemampuan, sikap, keaktifan, keredaksian, reportase, dan keorganisasian. Penilaian sepenuhnya dilakukan oleh Pembina Luar karena yang mengetahui secara teknis di lapangan. Pendukung ekstrakurikuler jurnalistik SMK Nusaputera 2 Semarang adalah sarana prasarana, biaya, pembina, dan wali murid. Keempat komponen tersebut saling melengkapi untuk kemajuan ekstrakurikuler jurnalistik SMK Nusaputera 2 Semarang. Pemberdayaan pendukung dilakukan dengan melaksanakan kegiatan secara maksimal, memanfaatkan semua sumber daya yang ada dan mengelolanya secara baik.

Kembali ke HOME

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link yang penting diketahui