SMK NUSAPUTERA 2

SMK NUSAPUTERA 2
[] SELAMAT DATANG SISWA BARU SMK NUSAPUTERA 2 [] TERUS PUPUK SEMANGAT BELAJAR [] CITA-CITA KALIAN SUDAH SEMAKIN DEKAT, NEGERI INI MEMBUTUHKAN SUMBANGSIH KALIAN [] QUALITY IN ME []

Gaya hidup

ALUMNI  ARTIKEL  GALERI   PPD   SEKOLAH 

STOP ! Habits of Sleeping near HP
Penulis : Apoteker Imamulatifah, S.Si.
Ketua Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis & Komunitas SMK Nusaputera 2

Handphone merupakan alat telekomunikasi elektronik bersifat dua arah yang mudah untuk kita bawa kemana-mana dan mempunyai kemampuan untuk bisa mengirim pesan baik berupa suara, gambar dan informasi.

Selain menjadi alat komunikasi, saat ini Hand Phone (HP) makin banyak kegunaannya, seperti untuk mencari berbagai informasi, dokumentasi dan tidak sedikit pula orang yang bekerja menggunakan HP.


Hand Phone juga bisa digunakan untuk menikmati hobby seperti membaca, terdapat banyak aplikasi yang menyajikan berbagai macam buku, novel, komik, dan berita. Tidak ketinggalan pula serial film, drama juga dapat dinikmati di HP seperti drakor (drama korea), dracin (drama cina) juga drama Indonesia yang banyak diminati terutama para wanita. Berbagai macam game yang mengasyikkan juga bisa dimainkan oleh semua kalangan, 

Untuk itu, tak dipungkiri jika kini manusia sangat ketergantungan terhadap HP, bahkan di era pandemi Covid-19 sekarang ini, HP digunakan sebagai sarana untuk belajar siswa dan gurunya.

Ternyata selain memberikan manfaat, HP juga dapat memberikan dampak negatif tanpa kita sadari terlebih untuk pengguna anak-anak, jika kurang pemantauan dari orang tuanya.

Begitu juga terhadap orang dewasa, ternyata HP juga dapat memberikan dampak negatif, terutama untuk kesehatan.

Dengan banyaknya hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan HP kadang tanpa disadari ketika hendak tidurpun HP masih memegang bahkan kadang tidur bersama HP, mulai sekarang Stop kebiasaan tidur di dekat HP, karena akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan kita.

Mari kita simak dampak negatif tidur di dekat HP dari beberapa sumber.

1. Bikin Insomnia

Ternyata jika kita tidur di dekat HP dapat menyebabkan Insomnia, menurut Journal of Psychiatric Research, radiasi cahaya biru dari HP bisa memancarkan sinar yang mirip dengan cahaya matahari. Sehingga tubuh mengira hari masih siang, itulah yang mengakibatkan kamu insomnia jika tidur berdekatan dengan HP.

2. Merusak Konsentrasi

HP apapun pasti mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang membuat aliran darah tidak maksimal. Akibatnya tiap pagi kamu jadi merasa gagal fokus dan kurang konsentrasi.

3. Gampang Capek di Pagi Hari

Bagi anda yang punya kebiasaan main HP sebelum tidur atau bahkan ketiduran di sebelah HP, pasti Ketika bangun suka merasa capek dan pusing kan?

Kalau sudah sering merasa seperti ini, lebih baik kurangilah atau bahkan hilangkanlah kebiasaan seperti itu, mulai sekarang.

Itulah dampak negatif jika anda tidur dekat HP. Apakah anda masih berani tidur di dekat HP ? Mari mulai sekarang stop kebiasaan tidur dekat HP.

Untuk menghindari itu, lakukan hal ini agar tidur anda menjadi lebih berkualitas:

  • Jangan main HP sebelum tidur
  • Taruh HP minimal 1 meter dari tempat tidur
  • Aktifkan mode pesawat atau matikan HP
  • Kalau mau ngecas HP usahakan jangan di dekat kasur tempat anda tidur.

Terima kasih, Semoga bermanfaat.

_______________

Back to HOME

1 komentar:

Link yang penting diketahui