SMK NUSAPUTERA 2

SMK NUSAPUTERA 2
[] SELAMAT DATANG SISWA BARU SMK NUSAPUTERA 2 [] TERUS PUPUK SEMANGAT BELAJAR [] CITA-CITA KALIAN SUDAH SEMAKIN DEKAT, NEGERI INI MEMBUTUHKAN SUMBANGSIH KALIAN [] QUALITY IN ME []

PRESTASI

ALUMNI  ARTIKEL  GALERI   PPD   SEKOLAH 

UKIR PRESTASI DIMASA PANDEMI

Penulis : Novita Dwi Rahayu, S.Pd.
Guru Matematika SMK Nusaputera 2

Masa Pandemi Covid-19 ternyata tidak menyurutkan semangat siswa SMK Nusaputera 2 Semarang untuk berprestasi. Hal ini berawal dari membaca akun Instagram Yapresindo mengadakan Olimpiade Sains Akbar Bidang Matematika SMA/MA/SMK Tingkat Nasional, membuat beberapa siswa tertantang dan langsung mendaftarkan diri, apalagi syarat-syarat yang diberikan cukup mudah. 

Siti Afifah dan Sinta Dewi Natasya dari kompetensi Farmasi dan Farmasi Industri berhasil mendapatkan medali kejuaraan tersebut. Suatu kebanggaan tersendiri di masa merebaknya corona disease dan dalam kondisi yang serba terbatas  prestasi tetap bisa diraih dengan mempersembahkan medali perunggu di Olimpiade Sains Akbar Bidang Matematika SMA/MA/SMK Tingkat Nasional.

Keberhasilan ini menunjukkan adanya semangat pantang menyerah pada diri siswa yang sebenarnya sudah terlihat sejak pendaftaran, persiapan, bimbingan, kompetisi,  pengumuman sampai penyerahan medali serta sertifikat.  Seluruh informasi mengenai jalannya perlombaan diberikan secara online lewat grup telegram oleh panitia penyelenggara.

Semangat ini membuat kami sebagai guru matematika ikut mendukung dan memberikan bimbingan secara online melalui Google Meet dan diskusi via WhatsApp grup. Kesempatan yang kemudian dimanfaatkan oleh siswa untuk bertanya soal-soal yang dirasa sulit dan langsung direspon oleh guru pembimbing yang terdiri dari Ibu Novita Dwi Rahayu, S.Pd., Ibu Ika Susilowati, S.Pd., dan Ibu Setyo Supriyatie, S.Pd. Mereka adalah guru Matematika SMK Nusaputera 2 yang telah teruji kemampuannya. Disamping itu siswa juga aktif mengikuti tryout dari panitia Yapresindo.


Rabu, 3 November 2021 merupakan hari pelaksanaan Olimpiade Sains Akbar Bidang Matematika SMA/MA/SMK Tingkat Nasional. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui link yang sudah dibagikan via telegram. Siswa sangat antusias dan bersemangat dalam berkompetisi dan bersaing secara sehat dengan siswa terbaik, perwakilan dari masing-masing sekolah se-Indonesia. Setiap peserta diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan soal melalui handphone, laptop, ataupun komputer di mana saja. Namun, siswa memilih mengerjakan di ruang laboratorium komputer milik SMK Nusaputera 2 untuk menghindari gangguan sinyal maupun akses soal yang tidak bisa dibuka. 

Setelah 1 minggu menunggu dan akhirnya Siti Afifah dan Sinta Dewi Natasya berhasil meraih juara ketiga di kompetisi ini dan berhak mendapatkan medali perunggu serta sertifikat kejuaraan.  Muncul rasa bangga atas prestasi yang dicapai, meskipun dilakukan secara online dengan segala keterbatasan.

Syukur pada Tuhan Yang Maha Esa dan terima kasih tak terhingga kepada Kepala Sekolah, juga semua pihak yang selalu support baik dalam doa dan materi. Harapan sekolah semoga prestasi yang diraih dapat ditingkatkan dan memotivasi siswa yang lain untuk mengukir prestasi pada tahun-tahun yang akan datang. Quality In Me......

Hidup memang tak sekedar tentang prestasi, namun bagaimana kita berjuang mengasah talenta sebagai bekal di masa depan ...(Novi_Matika)

Back to Home

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link yang penting diketahui