SMK NUSAPUTERA 2

SMK NUSAPUTERA 2
[] SELAMAT DATANG SISWA BARU SMK NUSAPUTERA 2 [] TERUS PUPUK SEMANGAT BELAJAR [] CITA-CITA KALIAN SUDAH SEMAKIN DEKAT, NEGERI INI MEMBUTUHKAN SUMBANGSIH KALIAN [] QUALITY IN ME []

BANJIR & BESTIE


ALUMNI  ARTIKEL  GALERI   PPD   SEKOLAH 
“ BANJIR DAN BESTIE” NYA

Dian Listriana Y., S.Farm., Apt. 
Guru Ilmu Resep SMK Nusaputera 2

Indonesia merupakan Negara yang mempunyai  dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Pada bulan Desember – Februari curah hujan di Indonesia cukup tinggi. Tingginya curah hujan seringkali menimbulkan permasalahan karena tidak tersedianya daerah untuk resapan air sehingga menimbulkan bahaya banjir. 

Faktor lingkungan hidup manusia ( faktor fisik, sosial, budaya, politik , ekonomi ) serta faktor perilaku dan tingkat kepedulian dari manusia juga memegang peranan dalam “ support “ timbulnya banjir. 

Sudah menjadi pemandangan yang umum dan biasa pada saat terjadi banjir dimana “ mercusuar  “ tumpukan sampah menghambat aliran air pada pintu air. Hal ini tentunya akan membuat aliran air yang seharusnya menuju laut menjadi berpindah “ aplikasi google maps”  menuju ke daratan.       

Bukan hanya masalah genangan air tetapi tentunya “ bestie “ dari banjir pastilah muncul. Berbagai macam penyakit yang rentan pada saat banjir pastilah bermunculan seperti : Demam Berdarah, Leptospirosis, ISPA, Diare, penyakit kulit dan lainnya. Penyakit – penyakit tersebut secara umum bermigrasi melalui : 

  1. Kontak dengan benda yang terkontaminasi( baik kontak langsung / tidak langsung )
  2. Inhalasi ( inhalation )
  3. Infeksi oral ( makanan dan minuman yang terkontaminasi )
  4. Penetrasi melalui kulit 


Oleh karena itu diperlukan berbagai usaha dan upaya untuk melakukan kegiatan peningkatan ( promotif ) kebersihan dan kesehatan lingkungan, pencegahan ( preventif ) terhadap bahaya banjir beserta “ bestie “ nya, karena bagaimanapun hal tersebut tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan hidup dan juga kesehatan masyarakat. 

Untuk mencegah timbulnya penyakit yang muncul pada saat curah hujan tinggi maupun banjir maka masyarakat diharapkan untuk meningkatkan kesehatan dirinya dan menjaga kebersihan dengan cara : mencuci tangan, menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi, menjaga kebersihan tempat tinggal dan sekitar, dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin. 


Selain itu kegiatan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dalam pencegahan bahaya banjir sangat penting . Oleh karena itu kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan hidupnya diharapkan dapat membawa pengaruh kebaikan bagi dirinya dan nantinya bagi orang – orang disekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link yang penting diketahui