SMK NUSAPUTERA 2

SMK NUSAPUTERA 2
[] SELAMAT DATANG SISWA BARU SMK NUSAPUTERA 2 [] TERUS PUPUK SEMANGAT BELAJAR [] CITA-CITA KALIAN SUDAH SEMAKIN DEKAT, NEGERI INI MEMBUTUHKAN SUMBANGSIH KALIAN [] QUALITY IN ME []

PTM 100%

ALUMNI  ARTIKEL  GALERI   PPD   SEKOLAH 

PTM 100 %  ....?

Dilema antara Pendidikan dan Kesehatan di SMK Nusaputera 2 Semarang

Penulis : Apoteker Maya Ary Wardhani, S.Farm.
Guru Farmakologi SMK Nusaputera 2

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan kapasitas 100% yang dapat diberlakukan disejumlah daerah pada bulan Januari 2022, menuai pro dan kontra di tengah publik karena ancaman Omicron. Situasi pandemi yang belum sepenuhnya berakhir membuat sejumlah pihak menilai kebijakan tersebut perlu ditunda dan dievaluasi.

Namun di sisi lain Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi menganggap situasi mulai membaik, dibandingkan beberapa bulan terakhir. Berdasarkan pantauan, sudah banyak progres kondisi pandemi juga membaik dan situasi PPKM mulai menurun. Imbas dari pandemi banyak orang tua merasa pembelajaran jarak jauh yang diikuti oleh anaknya tidak memberikan kemampuan bagi mereka dan merasa sama saja anak tidak sekolah. Selain itu berdasarkan riset terjadi penurunan kemampuan belajar selama masa pandemi. Termasuk di dalamnya bertambahnya  kekerasan dalam rumah tangga, resiko pernikahan anak, eksploitasi anak meningkat cukup tinggi. 

Alasan tersebut yang menjadi dasar mengapa Kemendikbud mempercepat penggelaran PTM 100 %. SMK Nusaputera 2 adalah salah satu dari sekian SMK swasta di Semarang yang sudah melakukan sistem Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Adapun beberapa syarat yang harus dilaksanakan selama PTM, diantaranya :

  1. Tidak terkonfirmasi dengan orang terinfeksi Covid-19 maupun tidak menjadi kontak erat Covid- 19
  2. Sehat dan jika mengidap penyakit penyerta (komorbid) harus dalam kondisi terkontrol
  3. Tidak memiliki gejala Covid-19, termasuk orang yang serumah dengan warga satuan pendidikan
  4. Capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga pendidik di atas 80%


Pihak SMK Nusaputera menyatakan proses PTM terbatas berjalan dengan lancar, karena didukung oleh sistem yang baik diantaranya sekolah memastikan PTM terbatas bukanlah sekolah seperti biasa, karena di dalam prosesnya durasi belajar berbeda dari umumnya. Jumlah peserta didik dapat 100% dari kapasitas ruang kelas dengan lama belajar 4 jam pelajaran per hari, yang dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB

Back to Home

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link yang penting diketahui