[] PANDEMI COVID 19 SEDANG MELANDA [] TERUS PUPUK SEMANGAT BELAJAR [] CITA-CITA KALIAN SUDAH SEMAKIN DEKAT, NEGERI INI MEMBUTUHKAN SUMBANGSIH KALIAN [] QUALITY IN ME []

HUT RI

HUT RI

26 Juli 2021

HUT RI 21

 ALUMNI  ARTIKEL  GALERI   PPD   SEKOLAH

LOGO PERINGATAN HUT RI ke 76 TAHUN 2021


Pandemi Covid 19 belum berakhir, pemerintah tetap mempersiapkan kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 dengan mengeluarkan logo yang akan digunakan. Situs resmi Kementerian Sekretaris Negara telah mengunggahnya pada tanggal 17 Juni 2021.  Logo berupa angka 76 dan huruf TH serta dilengkapi dengan tulisan berupa tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Dalam situs tersebut didiskripsikan bahwa tema yang dimaksud mengandung nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan yang penuh tantangan, agar terwujud masa depan yang lebih baik. Diskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah. Secara umum ada 4 makna logo, yaitu: Stabilitas dan pembangunan, Gerak dan pertumbuhan, Ruang kebersamaan, Persatuan dan harapan.

Sementara makna logo disebutkan, bentuk angka "7" diasosiasikan sebagai bagian dari "tiang pancang" infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk itu menggambarkan "kepala Garuda" yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara. Bentuk angka "6" diasosiasikan sebagai "orang dan roda yang sedang bergerak" terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi. Bentuk jajaran genjang di angka 7 dan jajaran genjang sama kaki di angka 6 diasosiasikan sebagai "ruang" yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Selain itu dapat diasosiasikan sebagai bentuk "panah" yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan. Terakhir bentuk lingkaran pada angka 6 merupakan pertanda kesempurnaan yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Bentuk ini juga dapat diasosiasikan "persatuan Indonesia".

Beberapa ketentuan penggunaan logo HUT ke-76 RI: 


Dalam pengaplikasiannya, ukuran logo disesuaikan dengan ukuran medianya. Pada dasarnya logo yang diaplikasikan harus mudah dilihat dan tetap terbaca secara jelas dari kejauhan. Area di sekitar logo disediakan ruang bebas sehingga logo tidak terganggu oleh teks/gambar/foto yang melintasinya. Jika ukuran logo sangat kecil, sebaiknya tagline dihilangkan sebagai pertimbangan untuk alasan teknis. Ukuran logo dalam pengaplikasiannya di berbagai media hendaknya mempertimbangkan tingkat keterbacaan yang jelas dan baik.

Hal yang tidak boleh dilakukan terhadap logo 

Mengubah warna pada tagline logo mengubah ukuran dan proporsi logo mengubah posisi tagline pada logo hanya mencantumkan outline logo tanpa warna (merah) di dalamnya memberi gradasi/pattern baru pada logo memberikan drop shadow pada logo meletakkan logo di atas background warna yang tidak kontras (misalnya background warna merah) opacity tidak tepat pada elemen grafis menambahkan elemen baru pada logo mendistorsi logo tidak menggunakan warna yang sesuai (misalnya merah yang lebih muda daripada yang ditetapkan) tidak memperhatikan batas aman logo.

Demikian logo dan tema Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76, 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link yang penting diketahui