[] PANDEMI COVID 19 SEDANG MELANDA [] TERUS PUPUK SEMANGAT BELAJAR [] CITA-CITA KALIAN SUDAH SEMAKIN DEKAT, NEGERI INI MEMBUTUHKAN SUMBANGSIH KALIAN [] QUALITY IN ME []

HUT RI

HUT RI

30 Mei 2021

HUT PANCASILA

MENGINGAT KEMBALI LAHIRNYA PANCASILA

Tahun 1945 di semester I kala itu Indonesia di bawah Pemerintahan kolonial Jepang setelah mengambil alih dari pemerintahan kolonial Belanda. Namun kekalahan demi kekalahan di alami Tentara Jepang di mana-mana terutama di medan perang Pasifik membuat Jepang panik.
Sidang I BPUPKI
Sidang I BPUPKI

Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang membentuk BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang bertugas mempersiapkan perangkat-perangkat yang diperlukan untuk berdirinya suatu negara salah satunya adalah dasar negara.

Adalah dr. Radjiman Wedyodiningrat, keponakan dari dr. Wahidin Soedirohoesodo yang mengetuai BPUPKI. Sidang pertama dimulai 29 Mei sd 1 Juni 1945, Rapat tersebut dilakukan di gedung Chuo Sangi In yang sekarang dikenal debgan sebutan Gedung Pancasila. Pada zaman Belanda, gedung itu digunakan sebagai gedung Volksraaf atau Perwakilan Rakyat. 

Pada sidang tersebut dr. Radjiman menyampaikan tentang apa dasar kita bernegara. Kebanyakan peserta kurang merespon pertanyaan itu, namun kemudian ada 3 orang tokoh yang memaparkan tentang dasar negara yakni Muhammad Yamin, Soepomo, kemudian Sukarno. 

Soepomo memberikan lima rumusan untuk dijadikan dasar negara, yaitu: Persatuan Kekeluargaan Keseimbangan lahir dan batin Musyawarah Keadilan rakyat

Sukarno mendapat giliran terakhir untuk menyampaikan gagasannya pada 1 Juni 1945. Gagasan yang disampaikan Sukarno tentang dasar negara Indonesia merdeka, dinamakan Pancasila. 

Secara etimologis, Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta panca artinya lima dan syla berarti batu sendi atau alas dasar.

Dasar negara yang disampaikan Bung Karno waktu itu secara berurutan yakni: Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Mufakat atau demokrasi, Kesejahteraan sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Setelah melalu beberapa tahapan, akhirnya Pancasila di sahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 bersama dengan disahkannya UUD 1945. Satu hari setelah Proklamasi Kemerdekaan RI.

TEMA & LOGO HARI LAHIR PANCASILA 2021

Tema Harlah Pancasila tahun ini adalah PANCASILA DALAM TINDAKAN BERSATU UNTUK INDONESIA TANGGUH

penyusun Herno Agus P. dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link yang penting diketahui