[] SMK NUSAPUTERA 2 MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS SEKOLAH, SEHINGGA KUOTA SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2018-2019 TERPENUHI [] QUALITY IN ME []

Arti Pahlawan

Sekar Milinia Riyanti X Farmasi 3
   Juara I Lomba menulis dalam rangka Bulan Bahasa 2015 dan Hari Pahlawan di Lingkungan SMK Nusaputera 2

Pahlawan. Tentu kata itu tidak asing di telinga kita. Pahlawan adalah seseorang yang berhati mulia. Perbuatannya bermanfaat dan berpengaruh terhadap tingkah laku masyarakat. Pada zaman penjajahan, pahlawan adalah mereka yang berjasa mengusir penjajah dari negara kita. Tanpa pengorbanan dan perjuangan mereka, kita tidak akan hidup bebas seperti sekarang ini. Tidak merasa cemas dan takut saat menjalani aktiitas. Pahlawan bertaruh nyawa saat berperang di medan perang sampai titik darah penghabisan.

Apakah usaha mereka langsung berhasil? Tentu saja tidak. Ratusan tahun mereka berjuang mati-matian untuk mengusir penjajah dari bumi pertiwi ini. Banyak kendala yang mereka hadapi. Salah satunya adalah jumlah senjata yang sangat terbatas. Apakah kendala itu meluruhkan semangat mereka? Tentu saja tidak. Justru hal itu membuat para pahlawan tetap semangat dan berpikir keras bagaimana cara mengusir penjajah.

Banyak sikap dari pahlawan yang dapat kita contoh. Diantaranya adalah kerja keras, semangat, rela berkorban, pantang menyerah, mencintai negeri  dengan setulus hati, tolong menolong, dan masih banyak lagi sikap positif dari mereka yang dapat kita contoh dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pahlawan memberikan arti yang sesungguhnya kepada kita. Bagaimana sikap yang harus kita miliki. Kita harus mnghargai mereka. Karena apa? Karena mereka sudah berjuang keras agar negara kita merdeka. Ayo tegakkan rasa cinta tanah air! Jangan membuat mereka kecewa!

Di era sekarang, yang disebut sebagai pahlawan tidak hanya mereka yang berjuang pada zaman penjajahan. Banyak orang di sekitar kita yang dapat kita sebut sebagai pahlawan. Contohnya adalah ayah, ibu, guru, dokter, dan masih banyak lagi. Ayah dan ibu adalah pahlawan dalam hidup kita. Mereka mendidik kita sampai sekarang ini. Mereka rela berkorban agar anaknya bahagia. Oleh karena itu, kita jangan pernah sekali-kali menyakiti hati mereka.

Bapak ibu guru adalah pahlawan bagi kita. Mereka dengan kesabaran dan ketulusan hati memberikan kita ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi kita di masa depan nanti. Banyak orang di luar sana yang perbuatannya sangat mulia dan tepat disebut sebagai pahlawan. Peristiwa kabut asap yang melanda Pulau Sumatera dan Kalimantan telah menyebabkan kerugian bagi kesehatan. Orang-orang yang berhati mulia tersebut membagikan masker kepada masyarakat secara gratis. Perbuatan mereka sangat sederhana bukan ?

Lalu apakah kiat, jika mau disebut sebagai pahlawan? Kita dapat menjadi pahlawan, asalkan niat kita dari dalam hati adalah untuk membantu orang lain. Perbuatan, yang kita lakukan bermanfaat bagi orang banyak. Jangan pernah mengharapkan imbalan apapun dari orang lain. Tegakkan rasa tolong menolong kepada sesama. Perbuatan yang kita lakukan adalah untuk mencari ridha Allah SWT. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar