[] SMK NUSAPUTERA 2 MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS SEKOLAH, SEHINGGA KUOTA SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2018-2019 TERPENUHI [] QUALITY IN ME []

Out Bound

Pendidikan Karakter SMK NUSAPUTERA 2

Pendidikan Karakter SMK Nusaputera 2
Out Bound SMK NUSAPUTERA 2 Tgl. 27-28 Nov 2014, 
Bantir Sumowono Semarang
Pendidikan karakter saat ini telah muncul kembali menjadi menjadi perhatian berbagai negara dalam rangka mempersiapkan generasi yang berkualitas, bukan hanya untuk kepentingan individu warga negara, tetapi juga untuk warga masyarakat secara keseluruhan. 

Pendidikan karakter bukan sesuatu yang mudah. Hasilnya tidak bisa dilihat dalam waktu pendek. Perlu diupayakan secara terus menerus dan memerlukan metode khusus yang tepat agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Di antara metode pembelajaran yang sesuai adalah metode keteladanan,  metode pembiasaan, dan metode pujian dan hukuman.


Salah satu upaya yang dapat mengembangkan karakter anak didik adalah dengan melaksanakan outbound Training. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di luar ruangan atau di alam terbuka (outbound) yang menyenangkan dan penuh tantangan. Salah satu tujuannya, yakni meningkatkan kebersamaan dan kepedulian dalam menggunakan potensi pribadi untuk mencapai tujuan bersama.


Out Bound SMK Nusaputera 2
Menurut Djamaluddin Ancok salah satu bentuk kegiatan yang paling efektif untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas adalah pembentukan kerja sama tim yang dilakukan melalui outbond training di alam terbuka (2002:12). Hal tersebut sejalan dengan antusiasme siswa dalam mengikuti setiap kegiatan outbound yang dilaksanakan di sekolah. Kenyataan menunjukkan bahwa kerja sama tim dan antar tim semakin meningkat pada setiap peserta. Dalam kegiatan outbound kesempatan siswa untuk berekspresi, berpikir dan menghargai orang lain akan terlatih dengan baik.


Out Bound
Pada hari Kamis, tanggal 27 November 2014, SMK NUSAPUTERA 2 memberangkatkan siswa-siswinya ke Bantir Sumowono, tepatnya di Daerah Latihan Rindam  IV/Diponegoro, Bantir Sumowono guna melakukan pembelajaran karakter di luar sekolah. Pesertanya adalah seluruh Siswa Kelas X baik Paket Keahlian Farmasi maupun Farmasi Industri dan Pengurus OSIS SMK NUSAPUTERA 2. Pembelajaran karakter berlangsung selama 2 hari. Kegiatan ini  dibimbing langsung oleh Anggota TNI AD dan TIM OUTBOUND ZERO MIND.

Out bound
Semua peserta berangkat pada pukul 07.15 dari Kampus SMK NUSAPUTERA 2 Semarang. Perjalanan mendaki  ke arah selatan dan barat daya dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam. Begitu turun dari Bis kami merasakan udara dingin yang menyegarkan. Desa Bantir terletak kurang lebih 850 m dpl. Sehingga udara cukup dingin (dibanding Semarang tentunya) dan airnya tampak bening dan lebih dingin. Tidak lama kemudian semua peserta dikumpulkan di lapangan Danlat dipimpin langsung oleh salah satu anggota TNI AD. Pembelajaran dimulai, sikap disiplin, tertib diterapkan kepada peserta. Kegiatan selanjutnya adalah pengarahan oleh TIM Outbound Zero Mind.

out bound
Pada kegiatan baris berbaris kembali dipegang oleh anggota TNI AD. Siswa SMK NUSAPUTERA 2 belajar bagaimana  berbaris dengan benar, mulai dari sikap sempurna, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, serong kanan, serong kiri, hadap serong kanan, dan hadap serong kiri. Tidak ketinggalan bagaimana cara menghormat.
Selesai acara baris-berbaris, istirahat dan makan siang. Nah, disini ada pelajaran baru bagaimana cara makan dengan tertib ala militer. Setiap peserta harus merawat piring dan sendok masing-masing, mulai dari menggunakan, mencuci dan menyimpan.

out bound
Seusai istirahat siang acara dilanjutkan oleh TIM Outbound, berupa pembelajaran karakter melalui game-game yang menarik dan berakhir  menjelang maghrib. Pada malam hari diisi dengan kegiatan penjelasan mengenai NKRI,  dan permainan di dalam ruangan sampai pukul 10.00


Esok hari adalah acara pembelajaran karakter di wilayah Danlat. Medannya yang berupa perbukitan tidak membuat capai, karena diselingi dengan permainan-permainan yang lebih menantang. Acara selesai kurang lebih pukul 10.30 dteruskan dengan penutupan. Setelah makan siang dan beres-beres   kami semua pulang ke Kampus tercinta SMK NUSAPUTERA 2 SEMARANG.

Out bound
Henry Kelas XI Farmasi Industri
Kesannya menyenangkan, dapat banyak ilmu tentang disiplin, tertib dan game-game yang mengajari kerja sama, kompak, saling menghargai. Pokoknya sip deh...