[] SMK NUSAPUTERA 2 MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS SEKOLAH, SEHINGGA KUOTA SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2018-2019 TERPENUHI [] QUALITY IN ME []

Bulan Bahasa

Peringatan Bulan Bahasa di Sekolah Nusaputera

Sudah tahu kan? Kalau hari lahir Bahasa Indonesia sama dengan hari Sumpah Pemuda. Nah untuk memperingatinya, Pemerintah Indonesia menyelenggarakan Bulan Bahasa dan Sastra secara rutin setiap tahun pada Bulan Oktober.

Apa sih pentingnya bulan bahasa? Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa yang menghubungkan satu daerah dengan daerah yang lain yang berbeda-beda bahasa.  Semakin luasnya penggunaan bahasa asing ditambah munculnya bahasa gaul dan prokem membuat eksistensi Bahasa Indonesia mulai tergusur, sehingga perlu ada upaya-upaya mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sekolah Nasional Nusaputera tidak ketinggalan, pada Hari Jumat, 31 Oktober 2014 menggelar lomba dalam rangka memperingati bulan bahasa. Jenis lomba adalah Pentas Seni 4 bahasa dan   Majalah dinding. Lomba diikuti oleh semua sekolah yang dikelola Yayasan Perguruan Nasional Nusaputera yaitu PGTK, SD, SMP, SMA. SMK 1 & 2. Peringatan bulan bahasa kali ini mengambil tema “Eksplorasi diri dengan bahasa untuk dunia global yang berkarakter”. Pelaksanaan kegiatan ini di Kampus Utama Sekolah Nasional Nusaputera, yaitu di Jl. Ki Mangunsarkoro 59 Semarang.

Siswa-siswi SMK NUSAPUTERA 2 pada kesempatan itu menampilkan ke dua jenis lomba tersebut yaitu Majalah dinding yang dibimbing oleh Ibu Elis Riskiyah, S.Pd. dan drama 4 bahasa dengan judul “Sesaat di sudut Pasar Johar”. Grup drama yang dibimbing oleh Bapak Dwi Puji W., S.Pd. beranggotakan Inge, Ega, Wahyu, Winda, Meysila, Tiyania dan Laras, Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Penampilannya cukup memikat. Kemampuan anak-anak dalam menggunakan Bahasa Inggris dan Mandarin sangat lancar. Namun keberuntungan belum berpihak kepada grup ini. Raihannya baru juara harapan III. Tak apa, ini sebuah pembelajaran yang tak akan berhenti sampai disini. Kembangkan terus bakatmu... (hap)