[] SMK NUSAPUTERA 2 MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS SEKOLAH, SEHINGGA KUOTA SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2018-2019 TERPENUHI [] QUALITY IN ME []

FIELD TRIP


FIELD TRIP

FIELD TRIP adalah salah satu cara pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah. Siswa-siswi biasanya diajak ke suatu tempat di mana terdapat benda atau aktivitas yang berkaitan dengan materi pembelajaran di sekolah

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TO2T) terletak di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berada dilereng Gunung Lawu pada ketinggian 1200 m di atas  permukaan laut. Suhu pada pagi hari sekitar 170C, siang hari 250C dan malam hari 220C. Pemandangan sekitar sangat indah, tanahnya subur, sangat cocok untuk pengembangan tanaman obat, dengan luas lahan 2 Ha pada lokasi tersebut dan 12 Ha pada lokasi lainnya, mempunyai koleksi tanaman obat kurang lebih 950 species. Fasilitas yang tersedia adalah mini museum obat tradisional, herbarium, wisata ilmiah,  ruang produksi obat tradisional serta laboratorium litbang herbal. Juga terdapat klinik  yang dibuka untuk umum, yang secara khusus menggunakan obat tradisional.

Adanya kegiatan-kegiatan dan fasilitas-fasilitas tersebut,  maka B2P2TO2T Tawangmangu dapat menjadi salah satu pilihan tempat pembelajaran Siswa-siswi SMK NUSAPUTERA 2 baik kompetensi keahlian FARMASI maupun FARMASI INDUSTRI.

Saat liburan kenaikan kelas, tepatnya tanggal 24 Juni 2014, SMK NUSAPUTERA 2 Semarang memberangkatkan siswa-siswinya yang baru naik ke kelas XII ke B2P2TO2T Tawangmangu.  Tujuannya adalah belajar tentang tanaman obat yang dimulai dari kegiatan pembibitan sampai dengan penanganan pasca panen, cara membuat simplisia dan sediaan obat tradisional, serta melihat langsung bagaimana praktik pengobatan tradisional dilakukan.

Rasa senang tampak diwajah mereka, selama pembelajaran berlangsung. Meskipun harus berjalan dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Kebun tanaman obat yang tertata rapi dan indah serta hawa yang sejuk, menjadi tempat yang menarik untuk berfoto bersama. Tidak lupa mereka mencatat penjelasan yang diberikan oleh pemandu untuk dijadikan laporan ke sekolah.(hap)